Jumat, 29 November 2013

Kerak Telor betawi punya yee

Siapa yang belum pernah kejakarta namum belum mencoba makanan khas adat betawi ini ? haduh sayang sekali jika tidak sampai mencoba makanan khas betawi yang bernama kerak telor ini. dengan bahan-bahannya yaitu beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.makanan ini menjadi primadona setiap acara tahunan Jakarta fair.


Menurut sejarahnya, kerak telor sudah ada pada zaman penjajahan belanda pada waktu dulu. Ketika itu daerah yang sekarang bernama jakarta masih banyak ditumbuhi pohon kelapa. Mungkin karena hasil kelapa yang melimpah ini pula yang membuat Batavia atau jakarta dimasa lalu bernama Sunda Kelapa. Buah kelapa yang begitu melimpah, dimanfaatkan oleh penduduknya untuk membuat beragam masakan, diantaranya adalah Nasi Uduk, Soto Betawi, maupun kerak telor. Tidak heran jika kuliner betawi banyak mengandung santan maupun kelapa.
Saat ini, memang untuk menikmati kerak telor, tidak semudah pada jaman dulu. saat ini semakin jarang anda bisa menemukan Kerak Telor.
Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan menambahkan ilmu yang kita dapat :)

0 komentar:

Posting Komentar