Kamis, 21 Maret 2013

Manusia dan Kebudayaan ( Bagan Psiko sosiogram )


1.  Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan kebudayaan adalah satu hal yang beriringan dalam masa ke masa. Kebudayaan tercipta sejak lama entah siapa itu dan dari mana itu berawal. Kebudayaan tercipta biasanya karena suatu hal yg sering dilakukan pada kesehariannya dan menjadi kebiasaan. Kebudayaan ada berbagai  macam dimana mana sesuai tempat ia tinggal. Manusia pun akan menjaga dan melestarikan kebudayaannya masing – masing dari zaman ke zaman agar tidak hilang. Dan kita harus mengajari kebudayaan kita kepada penuerus selanjutnya.

2.  Bagan Psiko sosiogram



Penjelasan:
• Nomor 7 dan nomor 6 disebut daerah tak sadar dan sub sadar. Kedua lingkaran itu berada di daerah pedalaman dari alam jiwa individu dan terdiri dari bahan pikiran dan gagasan yang telah terdesak ke dalam, sehingga tidak disadari lagi oleh individu yang bersangkutan. Contohnya : impian atau cita-cita yang diinginkan

• Nomor 5 disebut kesadaran yang tak dinyatakan (unexpressed conscious). Lingkaran itu terdiri dari pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan yang disadari oleh si individu yang bersangkutan, tetapi siapapun juga dalam lingkarannya. Hal itu disebabkan ada kemungkinan,bahwa:

*  Ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakannya, atau karena ia punya maksud jahat.
*  Ia sungkan menyatakannya, atau karena belum yakin bahwa ia akan mendapat respons dan pengertian yang baik dari sesamanya, atau takut bahwa walaupun siberi respons, respons itu sebenarnya tak diberikan dengan hati yang ikhlas atau juga karena ia takut ditolak mentah-mentah.
*  Ia malu karena takut ditertawakan, atau karena ada perasaan bersalah yang mendalam.
*  Ia tidak bisa menemukan kata-kata atau perumusan yang cocok untuk menyatakan gagasan yang bersangkutan tadi kepada sesamanya.

• Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan (expressed conscious). Lingkaran ini di dalam alam jiwa manusia mengandung pikiran-pikiran, gagasan-gagasan, dan perasaan-perasaan yang dapat dinyatakan secara terbuka oleh si individu kepada sesamanya, yang dengan mudah diterima dan dijawab oleh sesamanya.

• Nomor 3 disebut limgkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang, binatang-binatang, atau benda-benda yang oleh si individu diajak bergaul secara mesra dan karib, yang bisa dipakai sebagai tempat berlindung dan tempat mencurahkan isi hati apabila ia sedang terkena tekananbatin atau dikejar-kejar oleh kesedihan dan oleh masalah-masalah hidup yang menyulitkan.

• Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna, tidak lagi ditandai oleh sikap sayang dan mesra, melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang, binatang atau benda-benda itu bagi dirinya.

• Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jarak jauh, terdiri dari pikiran dan sikap dalam alam jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adat yang ada dalam kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh langsung terhadap kehidupan sehari-hari. Contohnya : ketika seorang pedagang melihat berita tentang DPR akan mengadakan rapat.

• Nomor 0 disebut lingkaran dunia luar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan yang hampir sama dengan lingkaran nomor 1, hanya bedanya terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak di luar masyarakat dan negara Indonesia, dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh.
Contohnya : anggapan pelajar indonesia yang tak pernah ke luar negeri tentang jepang

3.  Tanggapan tentang lunturnya kebudayaan negara Indonesia

Kenapa kebudayaan di negara kita bisa dikatakan sudah luntur  ? itu kerena kita sebagai penerus yang kurang peduli akan kebudayaan yang sudah di ciptakan dan di jaga turun menurun sudah tidak lagi tersentuh dan di perkenalkan oleh penerus selanjutnya. Kita lebih mengikuti perkembangan kebudayaan dari luar di bandingkan kebudayaan sendiri yang sebenarnya lebih bagus dan lebih kaya di bandingkan kebudayaan luar.
</

Sumber :  http://metakalasari.wordpress.com/2010/06/09/bagan-psikososiogram-manusia/ ( bagan psiko sosiogram dan penjelasannya )

0 komentar:

Posting Komentar