Minggu, 26 Juni 2016

Tugas Pengelolaan Proyek Sistem Informasi ( Kelompok )

ANALISA PENULISAN ILMIAH
“ Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Jenis – Jenis
Bebatuan Berbasis Android “



Disusun Oleh       : 1. Aldiano Jamanudin Putra           10112582
                               2. Claudia Febrina                          11112639
                               3. Kasman Wicaksono                    14112041
                               4. Nurulita Dewi Hardiyanti           15112556


                   Kelas                    : 4KA13


UNIVERSITAS GUNADARMA
2016 





Judul Penulisan Ilmiah :  Aplikasi Augmented Reality untuk Pengenalan jenis-jenis bebatuan berbasis android
Kelebihan Aplikasi          :
1.      Metode baru untuk pembelajaran
2.      Penggunaan dana cukup terjangkau
3.      Daya ingat pengguna akan lebih meningkat karena aplikasi
4.      Dapat dipelajari dimana saja
5.      Desain tampilan yang menarik untuk dipelajari
Kekurangan Aplikasi      :
1.      Hanya bisa digunakan di sistem operasi Android
2.      Kurangnya penjelasan tentang objek
3.      Aplikasi AR book rentan rusak
4.      Objek tidak bisa bergerak selain berputar
5.      Belum adanya pembaharuan untuk aplikasi
6.      Kurangnya efek suara pada aplikasi
Perbaikan Desain                  :
1.      Perlu diberikan tambahan tulisan objek nama batu
2.      Perlu diberikan keterangan lengkap setiap objek yang ditampilkan
3.      Tambahkan objek batu yang lain karena masih kurang
4.      Tambahkan efek suara pada aplikasi






1.      Latar Belakang

Perkembangan aplikasi bergambar banyak digunakan untuk berbagai hal yang dapat menarik simpati para konsumen, khususnya dibidang ilmu pengetahuan. Kebanyakan para pengajar menggunakan sample untuk menggambarkan suatu struktur, sistem, dan berbentuk dalam tampilan gambar dua dimensi (2D), padahal dalam dunia nyata hal tersebut belum tentu sama seperti yang telah di gambarkan.

      Banyak orang mengetahui dan dapat menggambarkan sebuah jenis bebatuan hanya dengan tampilan dua dimensi serta foto dari jenis batuan tersebut yang dimasukan ke dalam sebuah buku. Hal ini digunakan untuk mengistilahkan bahwa objek tersebut memiliki tiga buah dimensi, namun secara visual gambar tersebut tetaplah sebuah gambar dua dimensi.

      Kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, Penggunaan teknologi sudah tersebar diberbagai bidang termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan dengan ditemukannya metode-metode baru dalam cara pembelajaran. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang sangat pesat dengan menggabungkan objek atau dunia virtual kedalam bentuk nyata secara real time. Dengan melihat realita perkembangan teknologi tersebut maka dilakukan penelitian pembuatan aplikasi pengenalan jenis-jenis bebatuan dengan tampilan berbasis Augmented Reality sehingga nantinya menjadi sebuah perkembangan dalam dunia teknologi sekaligus juga dalam perkembangan pengenalan jenis bebatuan. Adapun jenis bebatuan yang akan dikembangkan menjadi augmented reality adalah batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Konsep dari aplikasi ini adalah dengan mendeteksi marker objek setelah medeteksi marker objek maka tampilan gambar bebatuan akan muncul didalam kamera. Aplikasi ini bejalan pada OS android.

      Dalam pembuatan penulisan ilmiah ini saya akan menggunakan aplikasi blender 2.64 untuk desain bentuk 3D. Hasil dari gambar 3D akan di export kedalam aplikasi unity4. Objek akan di muncul kan dalam  bentuk AR dengan menggunakan Unity4 dengan bantuan Vuforia untuk pembuatan marker. Saya menggunakan blender 2.64 karena untuk pembuatan objek 3D akan lebih mudah dan cepat, dan Unity4 adalah salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat Augmented Reality.


2.      Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam pembuatan penulisan ilmiah ini adalah pembuatan objek bebatuan dibuat terbatas hanya 3 buah jenis bebatuan berikut 3 contoh batuan dalam bentuk Augmented Reality sedangkan  banyak berbagai contoh disetiap jenis bebatuan yaitu batu apung,  batu obsidian,  batu granit,  batu basalt,  batu diorit,  batu andesit,  batu gabro, dan  batu liparit untuk jenis batuan beku, batu konglomerat,  batu pasir,  batu serpih,  batu gamping (kapur),  batu breksi,  batu lempung,  batu stalaktit dan stalagmit untuk jenis batuan sedimen,  batu pualam (batu marmer),  batu sabak,  batu gneiss (ganes),  batu sekis,  batu kuarsit,  dan batu milonit untuk jenis batuan metamorf. Berbagai jenis jenis bebatuan akan ditampilkan secara real time dan diberikan efek animasi untuk beberapa jenis bebatuan tersebut. Dengan menggunakan aplikasi blender 2.64 lalu dengan Unity4 di export  menjadi bentuk AR.

3.      Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam penulisan ilmiah ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi AR-Pengenalan jenis jenis bebatuan diantaranya batuan beku ( batu granit),  batuan sedimen ( batu gamping), dan batuan metamorf (sekis) yang akan ditampilkan pada layar smartphone secara real time dengan marker yang akan dibaca oleh kamera smartphone android, sehingga menghasilkan sebuah animasi 3D dilayar monitor sesuai dengan bentuk aslinya dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang manapun sehingga menjadi lebih menarik untuk dipelajari oleh anak-anak kelas 5 SD dan untuk masyarakat umum. Juga sebagai media pebelajaran baru dibidang pendidikan.

4.      Metode Penulisan
Metode penulisan ilmiah ini menggunakan teori System Development Life Cycle (SDLC) Tahap-tahap yang digunakan adalah ;

(Penulis 1 “Ni Made Desi Arisandi”, Penulis 2 “Ni Putu Agustina”, Penulis 3 “Kadek Agus Jayadi Putra”)

1.      Perencanaan
Di tahap ini dilakukan perencanaan pembuatan aplikasi Augmented Reality pengenalan jenis bebatuan dengan tujuan para pembaca mendapatkan metode pembelajaran baru yang menarik untuk dipelajari.

2.      Analisa
Di tahap ini akan dilakukan pengumpulan informasi jenis-jenis bebatuan dari batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Pembuatan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (software). Dan aplikasi ini dapat di jalankan melalui kamera pada handphone android.

3.      Perancangan
Pada tahap ini perancangan dimulai dengan membuat desain tiga dimensi yang nantinya akan di tampilkan dalam bentuk AR di buku yang sudah diberikan marker.



4.      Koding dan implementasi
Pada tahap ini penulis melakukan pemanggilan objek ke dalam bentuk AR secara real time dengan menggunakan Unity dan menampilkan tahap tahap pemanggilan objek pada aplikasi.

5.      Uji Coba
Pada tahap ini aplikasi akan dilakukan uji coba guna untuk melihat apakah tahap tahap pemanggilan objek menggunakan marker berhasil atau tidak.

5.      Sistematika penulisan

Penulisan ilmiah ini diuraikan kedalam empat bab, yang diharapkan dapat mempermudah dan melengkapi penulisan.

BAB I PENDAHULUAN
      Bagian ini berisi hal-hal yang melatar belakangi penulisan, ruang lingkup, tujuan penelitian, metode penelitian serta sistematika penulisan yang digunakan.

BAB II LANDASAN TEORI
      Bagian ini menguraikan beberapa teori tentang bebatuan dan aplikasi yang digunakan untuk menunjang penelitian ilmiah serta istilah-istilah yang digunakan dalam penulisan ini.

BAB III ANALISA DAN PEMBAHASAN
      Bagian ini menguraikan analisa dan pembahasan gambaran umum aplikasi AR pengenalan jenis-jenis bebatuan, perancangan aplikasi, dan langkah-langkah pembuatan AR dan efek rotate.

BAB IV PENUTUP
      Bagian ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari pembahasan dalam penulisan tersebut.

6. Perancangan Aplikasi

6.1.  Halaman Depan Buku

Halaman depan buku atau cover merupakan tampilan yang dirancang untuk memberitahukan judul dari isi buku yang akan di buat.

            Tampilan depan buku mempunyai rancangan sebagai berikut:



6.2.  Halaman 1 dan 2 Buku
           
Pada halaman 1 terdapat nama jenis batuan dan penjelasan batuan Granit dan pada halaman 2 terdapat marker “Gambar batu granit” yang nantinya setelah dibaca oleh kamera dan di render akan menampilkan objek batuan Granit berserta animasi.

Halaman 1 dan 2 mempunyai rancangan sebagai berikut:

       6.3.  Halaman 3 dan 4 Buku
Pada halaman 3 terdapat nama jenis batuan dan penjelasan batuan Gamping dan pada halaman 4 terdapat marker “gambar batu gamping” yang nantinya setelah dibaca oleh kamera dan di render akan menampilkan objek batuan Gamping berserta animasi.

Halaman 3 dan 4 mempunyai rancangan sebagai berikut:



       6.4.  Halaman 5 dan 6 Buku 
Pada halaman 5 terdapat nama jenis batuan dan penjelasan batuan Sekis dan pada halaman 6 terdapat marker “gambar batu sekis” yang nantinya setelah dibaca oleh kamera dan di render akan menampilkan objek batuan Sekis berserta animasi.

Halaman 5 dan 6 mempunyai rancangan sebagai berikut:



6.5.  Use Case Diagram
Merujuk pada flowchart sistem aplikasi Augmented Reality Alphabet yang sudah digambarkan sebelumnya maka dapat dibuat use case diagram berikut juga spesifikasi dari use case diagram.








0 komentar:

Posting Komentar