Minggu, 07 Oktober 2012

Kemiskinan


Kemiskinan di Indonesia

A.        Pengertian Kemiskinan
Kemiskianan adalah masalah sosial yang melanda umat manusia di mana pun. Sejak berabad abad lalu kemiskianan sudah menghantui manusia jauh sebelum peradaban maju. Kemiskinan bukan hanya ada pada negara yang sedang berkembang ,namun negara maju pun ada yang rakyatnya merasa kesulitan hidup di negaranya terutama masalah kebutuhan dasar seperti: Sandang dan Pangan. Namun setiap negara memiliki standart kemiskinan yg berbeda beda. Contoh saja negara kita negara Indonesia banyak masyarakat kita yang sangat kesulitan memenuhi kebutuhan dasar.

B.         Macam – macam kemiskinan
-           Kemiskinan karena kurangnya pemenuhan materi kebutuhan dasar seperti bahan makanan, pakaian dan tempat tinggal, ada juga yang menyatakan termasuk fasilitas kesehatan.
-        Kemiskinan karena ketidakmampuan dalam berpartisipasi pada kegiatan masyarakat termasuk ketidakmampuan mendapatkan pendidikan dan informasi.
-           Kemiskinan yang meliputi pendapatan yang tidak layak dan memadai.
Masyarakat miskin umumnya berada di perkotaan di daerah kumuh yang membentuk kelompok. Hal ini di perparah karena faktor urbanisasi penduduk dari desa ke kota. Kebanyakan dari mereka ingin mengadu nasib di kota namun karena faktor persaingan yang ketat membuat mereka yang tidak memiliki kemampuan akan tersingkirkan sehingga mereka menempati tempat kumuh.

C.      Solusi dari kemiskinan

Solusi untuk kemiskinan ada berbagai cara seperti berikut :
1.       pembagian bantuan secara langsung yang harus bersifat sementara karena tidak akan
          mendidik dan membuat masyarakat menjadi malas.
2.       penyediaan lapangan kerja yang menbangun dan padat karya.
3.       pembuatan prasarana pendidikan agar masyarakat bisa berkembang
4.       mentransmigrasi dengan merelokasi ke pulau lain dengan memberikan sebidang
          tanah untuk di kelola.
Dengan begitu di harapkan mereka bisa merubah nasib dan bahkan sangat di harapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi yang pernah bernasib sama seperti mereka.

0 komentar:

Posting Komentar