Kamis, 02 Oktober 2014

Peranan dan fungsi bahasa Indonesia

Hai para pembaca ? apa kabarnya nih ? semoga sehat semua dan diberi kenikmatan olehNya dan selalu didampingi dengan iman bagi para pembaca. Untuk kesempatan kali ini penulis akan membagi pendapat tentang " Peranan dan fungsi bahasa Indonesia". Nah sebelum kita memulai ada baiknya kita untuk mengetahui apa sih bahasa itu ?

"Bahasa menurut penulis adalah sebagai lambang atau simbol suatu negara. Bisa dibilang sebagai karakteristik dan identitas bangsa dimana bahasa itu menjadi alat komunikasi utama untuk masyarakat negara tersebut."

Lalu apa sih peranan dan fungsi suatu bahasa itu ?

Secara umum peranan Bahasa adalah untuk alat komunikasi atau interaksi, namun secara garis besar peranan bahasa adalah untuk pemersatu bangsa dalam hal apapun. untuk menyampaikan pesan dari satu masyarakat ke masyarakat lain.

Dan fungsi Suatu bahasa itu ada 5 ( Versi penulis )

1. Bahasa sebagai alat komunikas atau interaksi sesama manusia dalam kehidupan sehari hari.
2. Bahasa sebagai alat menyalurkan gagasan atau ide ide untuk dirinya atau orang lain.
3. Bahasa sebagai alat menyimpan atau menyebarluaskan dan mengembangkan budaya suatu negara.
4. Bahasa sebagai alat menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dipelajari.
5. Bahasa juga bisa digunakan sebagai penyampaian rasa senang atau kekaguman terhadap karya seni.

dan masih banyak lagi pastinya fungsi dari bahasa.

Lalu apa peranan dan fungsi bahasa Indonesia sendiri adalah sama pula seperti pengertian dari bahasa. Namun dalam konteks ini penulis akan menambahkan untuk sarana pemersatu bangsa dikarenakan Indonesia adalah suatu bangsa yang memiliki banyak suku suku. Oleh karena itu bahasa Indonesia bisa digunakan untuk mempersatukan perbedaan diantara para Suku dan Agama. Bahkan sebagai wadah komunikasi antara masyarakat saran penyampaian ide atau gagasan untuk memajukan Indonesia dalam hal budaya maupun adat istiadat mereka kepenjuru dunia.

Nah itu tadi adalah sedikit pembahasan dari Peranan dan fungsi bahasa Indonesia dengan sedikit definisi dari bahasa secara umum. Semoga dari pembahasan diatas tadi bisa membantu pembaca dan menambah ilmu para pembaca. Jika ada kesalahan yang bisa diperbaiki mohon diperbaiki karena kita disini saling berbagi pendapat, juga untuk membantu saya dalam mengerjakan tugas. terima kasih bagi yang sudah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar