Minggu, 28 Desember 2014

5 Butir Penyempurna Bangsa



Pancasila menurut seniman yang saya saksikan filmnya dipertemuan pekan kemarin. Pancasila adalah pedoman atau buku manual suatu bangsa yang terdiri dari berbagai cara untuk menjadikan masyarakat yang adil dan makmur. Dan keragaman Indonesia dari setiap kepulauan adalah suatu kekayaan,suatu kekuatan.

Di kepulauan Indonesia ada berbagai kelompok masyarakat baik adat istiadat, budaya maupun kepercayaan.Di negara ini di butuhkan suatu perekat untuk menyatukan keberagaman ini yaitu nilai dari pancasila ini. Unsur perekat ini adalah kepercayaan akan adanya Tuhan.Jika kita sudah sepakat akan hal yg satu ini atau sila pertama ini  kita akan saling menghormati keragaman dan agama.

          Sila pertama tadi adalah fondasi yang harus benar – benar di perhatikan karena kuatnya kita dalam sila pertama ini akan memudahkan kita pada sila sila selanjutnya. Keragam adalah kehendak tuhan dan itu yang akan membuat manusia menjadi beradab yaitu sila kedua Pancasila.

          Kemanusiaan yang adil dan beradab bunyi sila kedua yang menurut saya harus mengakui kesamaan derajat kesamaan hak dan kewajiban pada setiap manusia. Saling mencintai sesama manusia. Berani membela kebenaran dan
keadilan. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat Dunia Internasional dan dengan itu harus mengembangkan sikap saling hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
          Setelah tercipta keadilan dan manusia yang beradab secara otomatis akan tercipta persatuan yaitu pada sila ketiga. Yang masih terhubung pada sila kedua dan pertama dimana persatuan antara manusia dan persatuan antara perbedaan masyarakat berbeda keyakinan bersatu dalam memperjuangkan nilai pancasila agar bangsa ini terus menjadi bangsa yang makmur setiap masyarakatnya.

          Terciptalah Persatuan sudah pasti akan tercipta manusia – manusia yang bijak yang sudah pasti akan adil kepada siapa pun. Mengutamakan budaya rembug atau musyawarah dalam mengambil keputusan bersama. Bermusyawarah sampai mencapai kata sepakat dengan semangat kekeluargaan. Inilah nilai dari pada sila keempat.


          Dari kesemua tadi bisa menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,Yaitu bunyi sila kelima.kemakmuran bangsa akan tercipta dan tidak akan ada namanya saling menjatuhkan.itulah 5 butir penyempurna bangsa namun pada kenyataannya saat ini belum ada kesadaran pada masyarakat kita akan arti dari 5 butir tadi dan bahkan pada unsur yang pertama saja kita sudah sulit untuk melaksanakannya. Karena masih adanya tauran keributan dan rusak merusak tempat ibadah.

0 komentar:

Posting Komentar