Minggu, 24 November 2013

Tips Penulis menentukan jurusan jika mau melanjutkan kuliah setelah selesai SMA/SMK

A : Hei bro lu abis lulus mau ngapain ?
B : wah gue mau kerja bro, mau bantu orang tua nambahin penghasilan buat biaya sekolah adek            gua.
     Kalo elu kemana bro ? denger lu kan keluarga yang mampu katanya lu mau kuliah ? bener bro ?
A : iya nih sob gue mau lanjut kuliah.
C : iya sama gue jg mau lanjut kuliah nih cuy.
B : lu gk pd bosen apa belajar hahaha
A : Bosen si hahahah
C : Hahahah iya bosen.

Hahaha itu sedikit pembicaran sewaktu mendekati kelulusan saat ane sekolah dulu gan. Nah dikesempatan kali ini ane mau berbagi pengalaman ane pas detik - detik pemilihan masa depan ane memilih jurusan kuliah ane.

oke awalnya ane mau kenalin diri dulu nih nama ane Aldiano panggil aja Dino, ane dulu sewaktu kelas tiga SMK pernah ikut bimbingan belajar untuk mencoba mendapatkan perguruan tinggi negri. ane belajar semuanya ane pelajarin sampe ane mabok sampe mimpi ane aja pelajaran gan hahah. nah sewaktu sudah mau mendekati pengumuman UN ane cuma mikirin ane mau ambil jurusan apa ya mau ikutin orang tua atau gimana ya ? inget kata - kata guru ane "orang tua itu tau segalanya yang diberikan buat anaknya" nah pikiran ane langusng menuju kesitu dan percaya dengan kata - kata guru ane. pas udh pengumuman UN alhamdullilah ane lulus dengan Nilai luar binasa ,, ehh upss luar biasa maksudnya haha.

Dan ane niat untuk melanjutkan kuliah namun ane masih binggun nih mau ambil apa. sebulan bejalan ane masih mikirin sampe saatnya tiba ane dafta SNMPTN pd tahun itu ane bahkan gk belajar karena ane cuma mikirin bakal pilih jurusan apa dan dimana ?sampai tiba ujian hari pertama dua mata ujian dan LANCAR  dan hari ke dua satu mata ujian dan LANCAR lagi. nah ane saat ikut ujian memilih pertama pilihan orang tua  Akuntansi di UNJ kedua ane ikut ikutan temen ane gan ini yang paling bodoh dan gk ilang ilang semenjak ane SD ke SMP dan SMP ke SMK ane cuma ikut ikutan yang temen ane juga pilih. yaitu Ilmu Hukum UNDIP kedua duanya bertolak belakang yang pertama bidang ekonomi yang kedua bidang Hukum. dan saat pengumuman DUSSS sedih banget liatnya ane gk dapet kedua duanya.

Tapi ane masih percaya sama kata guru ane yang td di atas ane tulis ,, dan orang tua ane jg terus mendukung ane bahkan untuk ikut tes sekali lg di UNJ jurusan yang orang tua ane pengen ane masuk. ane berusaha belajar tp dengan hati sangat terbebani menopang harapan orang tua yang menginginkan ane masuk perguruan tersebut tapi dalam hati ane ,, ane masih belom bisa memilih. ane akhirnya ikutin aja jalur yang sudah di bukakan oleh orang tua ane. ane ikutin ujiannya ane jalanin ampe 2 hari apa klo gk salah waktu itu.

setelah kembali lagi tiba waktunya pengumuman lagi dan lagi ane gagal mewujudkan harapan orang tua ane,, ane sedih jujur ane gk bisa bahagiain orang tua ane saat itu. dan sampai saatnya ane bnr2 jatuh dan gk tau mau kemana bahkan ane berfikiran untuk istirahat dulu gk melanjutkan untuk kuliiah karena masalah ini, namun ane berfikir terus dan akhirnya ane menemukan pilihan ane dari serangkaian pemikiran ane sendiri,
point -point nya saat itu adalah ;

1. jangan pernah melihat akan menjadi apa kita di masa depan jikalau kita memilih option A ! maksudnya kita tau andai kita memilih masuk  ilmu kedokteran kita masa depannya akan menjadi dokter banyak uang orang tua pun bangga dengan kita sekali lagi itu salah besar. jika kita mikir akan sukses jika memilih itu kita salah karena sukses itu bukan tujuan. sukses adalah proses !sukses menjadi dokter bukan berarti dia sudah berhenti sampai tujuannya itu lalu selsai dan berhenti ? pasti dia akan terus mengembangkannya dan menjalaninya bukan.

2. Pilih lah sesuai dengan yang kalian cintai yang kalian gemari! maksudnya kembali di contoh pertama jika kita  memaksakan diri kita dengan memilih itu hati kita pun tidak merasa senang tidak merasa bahagia dan kalian akan tau apa yg akan terjadi hasilnya. dan satu lagi jika kita memilih yang tidak kita gemari bahkan kita tidak tahu apa sih dasarnya ? kita bisa bisa harus kerja keras 2 kali untuk menyeimbangkan ilmu yang diberikan nnti semasa kuliah dengan mempelajari dasar dari jurusan yang kita pilih bahkan mungkin anda akan strest dan memilih bodo amat dengan apa yang terjadi.

jadi intinya adalah sebelum kamu memilih pikirkan lah dahulu apa yang akan kamu pilih jangan libat kan orang lain pada saat anda memilih namun orang - orang disekitar anda pasti akan membantu anda untuk memilih. pilih yang anda sukai dan anda kuasai dasar dasarnya agar anda tidak perlu mengulang hal yg seharusnya tidak diulang.
nah pada saat itu juga ane memilih walapun sedikit terlambat namun ane sekarang ada pada jalur yang benar.
suatu ketika temen ane pun nnya ke ane soal yang sama seperti ane  rasain dan ane jelaskan ceritakan dan beri masukan dan akhirnya dia pun pada jalurnya di tempat yang dia sukai.
begitulah pengalaman saya dan motivasi dari saya buat kalian yang akan menuju bangku kuliah dan masih binggung memilih jurusan apa. semoga artikel ini bermanfaat bagig yang membacanya terima kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar